Pengaruh Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence Terhadap Teachers Effectiveness dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • Gladies Marlia Pandaleke Universitas Pelita Harapan
  • Ardi Ardi Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i9.8582

Keywords:

Millenial Transformational Leadership, Emotional Intelligence, Organizational Citizenship Behavior

Abstract

Kemajuan sekolah ditentukan oleh kualitas kepemimpinan dan kinerja guru yang efektif.  Upaya dan terobosan untuk mendorong kinerja guru yang efektif dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk lewat gaya kepemimpinan milenial dan kecerdasan emosional.  Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence terhadap Teachers Effectiveness dengan mediasi Organizational Citizenship Behavior pada Yayasan persekolahan XYZ Kota Manado. Survei dilakukan terhadap 53 guru yang berasal dari persekolahan XYZ khusus unit SD dan SMP dengan 25 item pernyataan. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS pada aplikasi Smart-PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence berpengaruh positif terhadap Teachers Effectiveness dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai mediator.

 

Author Biographies

Gladies Marlia Pandaleke, Universitas Pelita Harapan

Kemajuan sekolah ditentukan oleh kualitas kepemimpinan dan kinerja guru yang efektif.  Upaya dan terobosan untuk mendorong kinerja guru yang efektif dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk lewat gaya kepemimpinan milenial dan kecerdasan emosional.  Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence terhadap Teachers Effectiveness dengan mediasi Organizational Citizenship Behavior pada Yayasan persekolahan XYZ Kota Manado. Survei dilakukan terhadap 53 guru yang berasal dari persekolahan XYZ khusus unit SD dan SMP dengan 25 item pernyataan. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS pada aplikasi Smart-PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence berpengaruh positif terhadap Teachers Effectiveness dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai mediator.<br />

Ardi Ardi, Universitas Pelita Harapan

Kemajuan sekolah ditentukan oleh kualitas kepemimpinan dan kinerja guru yang efektif.  Upaya dan terobosan untuk mendorong kinerja guru yang efektif dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk lewat gaya kepemimpinan milenial dan kecerdasan emosional.  Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence terhadap Teachers Effectiveness dengan mediasi Organizational Citizenship Behavior pada Yayasan persekolahan XYZ Kota Manado. Survei dilakukan terhadap 53 guru yang berasal dari persekolahan XYZ khusus unit SD dan SMP dengan 25 item pernyataan. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS pada aplikasi Smart-PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence berpengaruh positif terhadap Teachers Effectiveness dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai mediator.<br />

Downloads

Published

2025-09-03

How to Cite

Pandaleke, G. M. ., & Ardi, A. (2025). Pengaruh Millenial Transformational Leadership dan Emotional Intelligence Terhadap Teachers Effectiveness dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Mediasi . Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(9), 4369–4386. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i9.8582