Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Disiplin Peserta Didik SMPN 9 Kota Sungai Penuh

Authors

  • Mohammad Azmin Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Triyono Triyono Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Citra Imelda Usman Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i9.8586

Keywords:

Dukungan sosial teman sebaya, Perilaku disiplin, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena kurangnya perilaku disiplin peserta didik di sekolah yang terindikasi dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan dukungan sosial teman sebaya, 2) mendeskripsikan perilaku disiplin peserta didik, dan 3) menguji pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku disiplin peserta didik di SMPN 9 Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang mengalami permasalahan perilaku disiplin di SMPN 9 Kota Sungai Penuh berjumlah 67 dan semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi 2). perilaku disiplin peserta didik berada pada kategori tinggi. 3) dukungan sosial teman sebaya memberikan berpengaruh terhadap perilaku displin peserta didik dengan nilai pengaruh sebesar 48,5%.

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

Azmin, M., Triyono, T., & Usman, C. I. . (2025). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Disiplin Peserta Didik SMPN 9 Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(9). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i9.8586