Gambaran Preferensi Metode Pembelajaran (Edgar Dale`S Cone of Experience) Mahasiswa/I Prodi Sarjana Pendidikan Dokter Unpri Berdasarkan Tipe Kepribadian (16personalities)
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8742Keywords:
metode pembelajaran, tipe kepribadian, Edgar Dale’s Cone of Experiences, MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), 16 PersonalitiesAbstract
Edgar Dale’s Cone of Experience, salah satu teori pembelajaran yang paling sering disalahartikan dalam dunia pendidikan. Jika bicara mengenai pendidikan, saat ini peran dari aspek non-kognitif seperti kepribadian menjadi semakin penting. MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan salah satu instrumen yang paling dikenal dan digunakan secara luas di dunia. Dari hal ini, terciptalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mencari gambaran preferensi serta rekomendasi metode pembelajaran berdasarkan tipe kepribadian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel diambil melalui database dan kuesioner yang dibuat sendiri melalui google form serta dari 16Personalities yaitu NERIS Type Explorer®, lalu data dianalisis secara statistik deskriptif. Dari 280 sampel, ENFJ-A / ENFJ-T menjadi tipe kepribadian yang paling dominan. Verbal Symbols menjadi metode pembelajaran yang paling banyak dipilih serta menjadi rekomendasi metode pembelajaran dalam lingkup pembelajaran kuliah pakar. Di lain sisi dalam lingkup pembelajaran praktikum, Demonstrations menjadi metode pembelajaran yang paling banyak dipilih, sedangkan untuk rekomendasinya ada empat metode pembelajaran yaitu Recordings, Radio & Still Pictures, Motion Pictures & Educational Television, Demonstrations serta Direct Purposeful Experiences. Namun perlu digarisbawahi bahwasannya temuan yang tertulis dalam narasi di atas hanyalah sebagian informasi yang diringkas berdasarkan data yang paling mencolok, sedangkan untuk mengetahui detail terkait preferensi serta rekomendasi metode pembelajaran dari ke-16 tipe kepribadian, kita dapat melihatnya di bagian hasil dan pembahasan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chrestellone Surya Wijaya, Qori Fadillah, Irza Haicha Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















