Pengaruh Penilaian Kinerja Guru, Motivasi , dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Kongbeng

Authors

  • Indah Ratna Purwanti Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Yustina Romaida Efrianti Br Situmorang Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Muh. Amir Masruhim Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Warman Warman Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Dwi Nugroho Hidayanto Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8801

Keywords:

penilaian kinerja guru, motivasi kerja, kompetensi pedagogik, kinerja mengajar, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penilaian kinerja guru, motivasi kerja, dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar guru dan tenaga kependidikan di SMKN 1 Kongbeng. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori melalui survei kuesioner skala Likert kepada seluruh populasi (sampling jenuh) berjumlah 32 responden. Instrumen dinyatakan valid (r_hitung > r_tabel) dan reliabel (Cronbach’s Alpha 0,86–0,91). Uji asumsi klasik menunjukkan data memenuhi normalitas, bebas multikolinearitas (VIF 1,406–1,557), bebas heteroskedastisitas, serta tidak terdapat autokorelasi (DW 1,921). Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = 5,214 + 0,321X1 + 0,287X2 + 0,402X3, dengan koefisien determinasi R² = 0,619 yang mengindikasikan 61,9% variasi kinerja mengajar dijelaskan oleh ketiga variabel independen. Uji parsial (t) menunjukkan penilaian kinerja (β=0,321; p=0,011), motivasi kerja (β=0,287; p=0,013), dan kompetensi pedagogik (β=0,402; p=0,003) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja mengajar. Uji simultan (F=18,742; p<0,001) menegaskan pengaruh bersama yang signifikan. Temuan menempatkan kompetensi pedagogik sebagai prediktor terkuat, diikuti penilaian kinerja dan motivasi kerja. Implikasi praktisnya, sekolah perlu memperkuat sistem penilaian kinerja yang akuntabel, program peningkatan motivasi, serta pelatihan pedagogik berbasis kebutuhan untuk mengakselerasi mutu pembelajaran kejuruan.

Downloads

Published

2025-11-26

How to Cite

Purwanti, I. R., Br Situmorang, Y. R. E., Masruhim, M. A., Warman, W., & Hidayanto, D. N. (2025). Pengaruh Penilaian Kinerja Guru, Motivasi , dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Kongbeng. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(11), 4918–4927. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8801