Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Authors

  • Firdaus Firdaus Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8816

Keywords:

Role, school committees, quality of education.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengawas, dan mediator dalam peningkatan mutu pendidikan di tiga SD Negeri di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan 18 informan (kepala sekolah, komite, guru senior, orang tua). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi; dianalisis dengan model interaktif Miles Huberman serta triangulasi sumber/teknik/waktu. Hasil menunjukkan: (1) Advisory efektif bila komite dilibatkan sejak perencanaan dan usulannya spesifik serta ditindaklanjuti dalam RKS; (2) Supporting berdampak ketika dukungan menempel pada kebutuhan inti pembelajaran dan berkelanjutan; (3) Controlling kuat jika ada akses data, sesi tanya jawab bermakna, bukti dukung, dan tindak lanjut tertulis; (4) Mediating berhasil bila kanal komunikasi dua arah aktif dan respons cepat. Dampak awal tampak pada iklim belajar yang lebih kondusif, kepercayaan orang tua meningkat, dan arah program lebih jelas; pengaruh pada capaian akademik muncul bertahap. Perlunya penguatan kapasitas komite, desain forum deliberatif, dan protokol tindak lanjut seperti penanggung jawab, jadwal, indikator keberhasilan.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Firdaus, F. (2025). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(11), 5037–5052. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8816