Implementasi Kepemimpinan Transformasional Bagi Pengembangan Mutu di Pesantren Tahfidz An-Naba Banyumas

Authors

  • Goesfaris Kaismahazaka STAI Terpadu Yogyakarta, Indonesia
  • Rz. Ricky Satria Wiranata STAI Terpadu Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i12.8910

Keywords:

Transformational Leadership, Quality Development, Islamic Boarding School

Abstract

Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi kepemimpinan transformasional dan dampaknya terhadap pengembangan mutu pada Pesantren Tahfidz An-Naba Banyumas. Latar belakang penelitian diawali dengan urgensi peran pemimpin pesantren dalam menghadapi tuntutan pembelajaran tahfidz, bahasa arab, penguatan karakter, dan pengembangan kompetensi di era digital. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan mudir, ustaz, karyawan, musyrif, dan santri sebagai partisipannya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis dengan model Miles & Huberman melalui proses reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional diterapkan melalui empat dimensi utama. Pada aspek idealized influence, mudir menjadi teladan dalam kedisiplinan, amanah, ibadah, dan penggunaan fasilitas pesantren. Pada aspek inspirational motivation, pemimpin aktif menyampaikan visi, memberikan arahan, serta menumbuhkan motivasi ustaz dan santri. Pada aspek intellectual stimulation, mudir mendorong inovasi pembelajaran, program pengembangan, dan pembenahan sistem administrasi. Pada aspek individualized consideration, pemimpin memberikan perhatian personal melalui mentoring, kunjungan individual, fasilitasi pelatihan, serta dukungan terhadap kesejahteraan staf dan santri. Secara keseluruhan, kepemimpinan transformasional terbukti mendorong budaya disiplin, profesionalisme pendidik, kualitas pembelajaran tahfidz dan bahasa Arab, serta iklim kerja kolaboratif yang berdampak positif pada mutu pesantren. Ke depan, penelitian dapat diperluas pada konteks pesantren lain untuk memetakan variasi strategi kepemimpinan yang lebih komprehensif.

Author Biography

Rz. Ricky Satria Wiranata, STAI Terpadu Yogyakarta, Indonesia

 

 

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

Kaismahazaka, G., & Wiranata, R. R. S. (2025). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Bagi Pengembangan Mutu di Pesantren Tahfidz An-Naba Banyumas . Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(12), 5356–5366. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i12.8910