Eksplorasi Mindset Pertumbuhan (Growth Mindset) Dalam Pendidikan Matematika: Tinjauan Pustaka Komprehensif dan Implikasinya Bagi Praktik Pembelajaran

Authors

  • Rilo Pabudi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • I Ketut Budayasa Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Elly Matul Imah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i12.8964

Keywords:

Efektivitas Intervensi, Mindset Berkembang, Pendidikan Matematika

Abstract

Kajian pustaka ini mengeksplorasi konsep mindset pertumbuhan (growth mindset) dalam konteks pendidikan matematika, menginvestigasi konseptualisasi, efektivitas intervensi, faktor kontekstual, dan implikasi praktisnya. Melalui analisis komprehensif terhadap literatur ilmiah terkini (2020-2025), penelitian mengungkapkan bahwa growth mindset dalam matematika merupakan konstruk multidimensional dan domain-spesifik yang dipengaruhi oleh pengalaman belajar sebelumnya dan persepsi subjektif. Intervensi berbasis growth mindset menunjukkan efektivitas moderat dalam meningkatkan performa matematis (d = 0.38), dengan efek yang lebih signifikan pada kelompok tertentu dan pada titik transisi pendidikan. Efektivitas tersebut dimediasi oleh perubahan dalam keterlibatan kognitif, kecemasan matematika, dan pola atribusional. Faktor sosio-kultural dan praktik instruksional berperan krusial dalam implementasi, dengan lingkungan kelas yang menghargai proses pembelajaran dan kesalahan sebagai kesempatan belajar lebih kondusif bagi perkembangan growth mindset. Implikasi praktis mencakup kerangka instruksional terintegrasi yang berfokus pada restrukturisasi tugas, umpan balik formatif, dan penciptaan narasi kelas yang mendukung. Penelitian menyimpulkan perlunya pendekatan sistemik dalam implementasi growth mindset sebagai bagian dari transformasi pembelajaran matematika yang lebih komprehensif.

Downloads

Published

2025-12-23

How to Cite

Pabudi, R., Budayasa, I. K., & Matul Imah, E. (2025). Eksplorasi Mindset Pertumbuhan (Growth Mindset) Dalam Pendidikan Matematika: Tinjauan Pustaka Komprehensif dan Implikasinya Bagi Praktik Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(12), 5530–5538. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i12.8964