Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Problem Based Introduction Pada Materi Simple Present Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.108Keywords:
hasil belajar; metode problem based introductionAbstract
Adapun hasil pengamatan guru di kelas, pada mapel Bahasa Inggris khususnya materi simple present, siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Mandirancan menunjukkan hasil belajar yang rendah, hal ini ditunjukkan adanya nilai harian yang rendah atau tidak mencapai KKM. KKM yang diharapkan pada mapel Bahasa Inggris Kelas VIII E adalah 75 jadi seharusnya nilai siswa ≥ 75. Nilai harian kemarin, hanya 6 siswa yang mencapai nilai di atas KKM, selebihnya melaksanakan remedi untuk mencapai nilai lebih dari KKM. Oleh karenanya guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa dipakai di kelas, yakni menggunakan metode problem based introduction. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Mandirancan tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mandirancan yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian pra siklus, Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 6 siswa. Nilai rata-rata baru mencapai 59,16 berarti masih di bawah KKM. Hasil observasi menunjukkan skor 49 artinya aktifitas siswa di dalam kelas kurang baik. Pada Siklus I Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 23 siswa, nilai rata-rata mencapai 75,83. Artinya metode problem based introduction efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simple present. Hasil observasi menunjukkan skor 97 artinya aktifitas siswa di dalam kelas cukup baik. Akan tetapi agar lebih kondusif lagi pembelajaran Bahasa Inggris materi simple present maka peneliti hendak melaksanakan siklus II. Pada siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 29 siswa, nilai rata-rata mencapai 82,77. Artinya metode problem based introduction efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simple present. Hasil observasi menunjukkan skor 133 Artinya Aktifitas siswa di dalam kelas sangat baik.