Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Berbantu Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Tenggaro

Authors

  • Desi Rahmawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i08.1087

Keywords:

Problem Based Learning, Media Powerpoint, Hasil Belajar

Abstract

Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Berbantu Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Tenggaro Rumuasan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model problem based learning berbantu media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbasis media powerpont terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN Tenggaro dengan sampel penelitian kelas IV  dengan jumlah 14 orang peserta didik diberi perlakuan menggunakan model PBL berbantu media powerpoint pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan eksperimen (fre eksperimental desain dengan jenis one-group pretest-posttest . Teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Teknik analisis data pada penelitian ini diperoleh uji Normalitas diketahui pretest hitung 6,489 ˂ x² tabel 9,487 dan posttesthitung 4,595 ˂ x² tabel 7,814  disimpulkan datanya berdistribusi normal. Uji t diketahui t hitung 5,014 ˃ t tabel 2,178. Hal tersebut diartikan Ha: diterima dan Ho: di tolak, sehingga hipotesisnya menyatakan ada peningkatan dalam penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbantu media powerpoint terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas IV, peningkatan penerapan  model PBL (Problem Based Learning) berbantu media powerpoint pada pembelajaran IPA sebesar 21,15%.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Rahmawati, D. (2022). Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Berbantu Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Tenggaro. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(08), 712–718. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i08.1087