Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Berbantu Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Tenggaro
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i08.1087Keywords:
Problem Based Learning, Media Powerpoint, Hasil BelajarAbstract
Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Berbantu Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Tenggaro Rumuasan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model problem based learning berbantu media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbasis media powerpont terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN Tenggaro dengan sampel penelitian kelas IV dengan jumlah 14 orang peserta didik diberi perlakuan menggunakan model PBL berbantu media powerpoint pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan eksperimen (fre eksperimental desain dengan jenis one-group pretest-posttest . Teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Teknik analisis data pada penelitian ini diperoleh uji Normalitas diketahui pretest x² hitung 6,489 ˂ x² tabel 9,487 dan posttest x² hitung 4,595 ˂ x² tabel 7,814 disimpulkan datanya berdistribusi normal. Uji t diketahui t hitung 5,014 ˃ t tabel 2,178. Hal tersebut diartikan Ha: diterima dan Ho: di tolak, sehingga hipotesisnya menyatakan ada peningkatan dalam penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbantu media powerpoint terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas IV, peningkatan penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbantu media powerpoint pada pembelajaran IPA sebesar 21,15%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Desi Rahmawati, Yasir Arafat,Kiki Aryaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.