Marketing Mix Method Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan di SMA Kristen Barana

Authors

  • Musa Masing Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rahma Widyana Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.111

Keywords:

marketing mix method; pemasaran pendidikan.

Abstract

Artikel ini membahas tentang marketing mix sebagai strategi pemasaran di SMA Kristen Barana dengan tujuan penelitian ini untuk menciptakan lembaga pendidikan swasta yang berkualitas yang mampu bersaing dengan sekolah pada umumnya. Strategi pemasaran yang dimaksud adalah adanya kondisi pemasaran yang kondusif serta mampu memberikan dampak pada sekolah itu sendiri, masyarakat dan konsumen. Tujuan dari manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk memepermudah lembaga dalam memasarkan jasa pendidikannya kepada mayarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Kristen Barana strategi pemasaran yang dilakukan adalah Marketing Mix yang terdiri dari 2 langkah yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan meliputi Identifikasi Pasar, Segmentasi Pasar, Target dan untuk pelaksanaan meliputi Produk, Harga, Tampat, Promosi, Sumber Daya Manusia, Proses. Oleh karena itu disimpulkan bahwa marketing mix yang ada di SMA Barana dilakukan secara maksimal dan objektif.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Musa Masing, & Rahma Widyana. (2021). Marketing Mix Method Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan di SMA Kristen Barana. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 459–468. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.111