Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SMPN 9 Depok

Authors

  • Salim Bangun SMP Negeri 9 Depok

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.115

Keywords:

meningkatkan kinerja guru; melalui supervise akademik

Abstract

Sebagai tenaga profesional, guru perlu memiliki kemampuan khusus, yang tidak mungkin dilakukan oleh mereka yang bukan guru. Tujuan penelitian ini untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran  yang  direncanakan  bagi  murid-muridnya melalui Supervisi Akademik. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan pada bulan Juli 2020 sampai dengan Desember 2020. Subjek penelitiannya yaitu  guru SMP Negeri 9. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi  dan wawancara dengan menggunakan formulir  wawancara, RPP, pengamatan pembelajaran dan penelitian administrasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu nilai rata-rata evaluasi kinerja guru dari pra siklus ke siklus 1 meningkat 8 poin, dan evaluasi guru dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 11 poin Hal ini dapat dilihat jumlah guru yang masuk kategori “baik” pada pra siklus adalah dari 0% menjadi 40% pada siklus 1 dan 2. Pada saat yang sama, jumlah guru di kategori pra-siklus "sangat baik" adalah 0%, meningkat menjadi 40% dalam siklus

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Salim Bangun. (2021). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SMPN 9 Depok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 517–532. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.115