Peningkatan Aktivitas Siswa Melalui Penggunaan Metoda SQ3R Dengan Media Blog di SDN 04 Timbulun

Authors

  • Nurmanelly SDN 04 Timbulun, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.117

Keywords:

aktivitas; hasil belajar; metoda SQ3R; blog pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh pada masa pendemi COVID-19. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini langsung dilaksanakan oleh guru dalam bentuk pengajaran dimana guru melakukan tindakan-tindakan tentu agar dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Dalam pelaksanaannya penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada aspek aktivitas pembelajaran Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan yaitu 41,94% (siswa melakukan survey); 38, 71% (siswa menyusun pertanyaan); 38,71% (siswa membaca); 38,71% (siswa menjawab pertanyaan) dan 41,94% (siswa mereview). Pada aspek hasil belajar diperoleh peningkatan yang signifikan dimana pada siklus I, siswa yang tuntas diatas KKM 75 hanya 1 (3,23%) orang sedangkan 30 orang (96,77%) tidak tuntas. Pada Siklus II, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 orang (77,42%) dan yang tidak tuntas sebanyak 7 orang (22,58%). Berdasarkan data tersebut proses pembelajaran IPA pada kompetensi dasar memahami cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan menggunakan Metode SQ3R dengan media blog secara signifikan dapat meningkatkan aktivitas belajar hal itu dibuktikan dengan meningkatnya siswa yang tuntas dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Nurmanelly. (2021). Peningkatan Aktivitas Siswa Melalui Penggunaan Metoda SQ3R Dengan Media Blog di SDN 04 Timbulun . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 469–481. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.117