Literature Review Artificial Intelligence Deteksi Hasil Ctscan Paru-Paru Pasien Terjangkit COVID-19

Authors

  • Sadly Syamsuddin STMIK Dipanegara Masakasar
  • Kalfin Alloto'dang STMIK Dipanegara Masakasar
  • Risnayanti Andi Djamro STMIK Dipanegara Masakasar
  • Ahyuna STMIK Dipanegara Masakasar

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.120

Keywords:

COVID-19; artificial intelligence, deep learning; CNN; CT Scan.

Abstract

Penyakit Virus Corona 19 (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan. Saat ini COVID-19 menjadi fenomena permasalahan untuk kita semua namun hingga sekarang belum ada obat yang ditemukan ampuh dalam mengatasinya. Persoalan lain adalah pada proses pendeteksian orang terjangkit. Hasil pendeteksian Covid-19 menggunakan PCR Swap masih dianggap sangat lambat dan menggunakan Rapid Tes bahkan dianggap kurang meyakinkan dengan melihat beberapa kasus yang ada sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk pendeteksian orang terjangkit COVID-19 lebih cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi menggunakan metode Artificial Intelligence yang lebih khusus menggunakan Deep Learning arsitektur Convolutional Neural Network (CNN). Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dimana artikel dikumpulkan dan diproses menggunakan aplikasi mendeley, kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2020 yang berkaitan dengan penanganan COVID-19 khususnya yang memanfaatkan Artificial Intelligence dalam pembahasannya. Dengan mengumpulkan dan membahas beberapa penelitian yang ada maka dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan Artificial Intelligence sistem dapat mendeteksi terjangkitnya seseorang melalui analisa pola yang ada pada hasil CT Scan Paru dengan memanfaatkan tingkat akurasi data latih yang ada.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Sadly Syamsuddin, Kalfin Alloto’dang, Risnayanti Andi Djamro, & Ahyuna. (2021). Literature Review Artificial Intelligence Deteksi Hasil Ctscan Paru-Paru Pasien Terjangkit COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 502–516. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.120