Pendekatan ACIM (Action, Communication, And Islamic Moral) dalam Pembelajaran Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Weni Anissa Putri Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Sakhiyyah Afifah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Jelita Renika Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.121

Keywords:

konstruktivisme; pendekatan kontekstual; pendekatan ACiM; moral islam.

Abstract

Latar belakang penelitian ini sekolah lebih fokus pada pemahaman konsep, teori dan rumus. Mata pelajaran juga didominasi oleh ilmu umum, sedangkan agama masih langka diterapkan sehingga pembelajaran moral masih jarang dalam praktik pendidikan di Indonesia. Dalam dunia pendidikan, sekolah saat ini hanya mengedepankan kecerdasan intelektual pada pengembangan kognitif. Ilmu agama diharapkan mampu mendorong peserta didik untuk memahami ilmu spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan studi literatur. Sumber data berasal dari jurnal dan penelitian yang sudah dilakukan. Hasil analisis data dijelaskan secara deduktif dan induktif. Hasil kajian inovasi pendekatan adalah pendekatan ACIM (Action, Communication and Islamic Moral). Dengan pendekatan ini diharapkan peserta didik tidak hanya menggali ilmunya sendiri berdasarkan lingkungan sendiri tetapi juga memahami keterkaitan ilmu pengetahuan tersebut dengan nilai-nilai islam sehingga tidak hanya meningkatkan intelektual peserta didik tetapi juga meningkatkan spiritual mereka serta mendorong siswa untuk berkreasi dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Weni Anissa Putri, Sakhiyyah Afifah, & Jelita Renika. (2021). Pendekatan ACIM (Action, Communication, And Islamic Moral) dalam Pembelajaran Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 533–542. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.121