Strategi Mfive dalam Meningkatkan Efektifitas dan Kebermaknaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Negeri 5 Depok
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.145Keywords:
Mfive strategy; effectiveness; PJJ.Abstract
Situasi pandemi COVID 19 ini dan PJJ tentu saja memberikan tantangan yang besar bagi Kepala Sekolah sebagai pemegang pucuk kepemimpinan dan manajemen sekolah Kepala Sekolah dituntut responsif, proaktif dalam menetapkan strategi dan program pembelajaran yang dapat mengakomodasi kesenjangan sosial dan tingkat kemampuan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mencapai dan mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19 pada siswa SMP Negeri 5 Depok. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang artinya penelitian yang mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan key informan dan informan. Berdasarkan hasil penelitian implementasi strategi M Five mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi serta semangat berkolaborasi antar guru sehingga proses penyelenggaraan pendidikan selama pandemi COVID 19 atau PJJ dapat berjalan dengan efektif dan bermakna. Implementasi strategi M Five dapat terapkan pada sekolah lainnya, karena strategi ini telah dilaksanakan dan dibuktikan tingkat keberhasilannya dari setiap aspek amatan sebesar 19, 5% hingga 35%. Suatu tingkat keberhasilan yang tergolong signifikan.