Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran

Authors

  • Nasihudin Nasihudin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hariyadin Hariyadin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.150

Keywords:

pengembangan; keterampilan; pembelajaran.

Abstract

Akhir-akhir ini semakin besar perhatian masyarakat terutama kalangan pendidikan akan pentingnya materi keterampilan hidup (life skill) yang perlu dimiliki dan diajarkan sejak dini. Bahkan kurikulum berbasis kompetensi yang mulai diterapkan, kementerian pendidikan dan kebudayaan telah mengakomodasi dan memasukkan materi keterampilan hidup di dalamnya. Karena itu, tujuan penelitian ini untuk perkembangan anak (baik perkembangan mental kognitif, sosial emosional, dan moral kepribadian) pada tiap tahap perkembangan, menjadi rujukan tingkat keterampilan hidup itu sendiri. Keterampilan hidup adalah sisi lain dari prestasi perkembangan anak. Keterampilan adalah ukuran kemampuan yang dimiliki seseorang. Terlebih lagi dalam Keterampilan membuat atau mewujudkan sesuatu, baik bersifat materi maupun non materi, bisa menjadi modal dalam mencapai tujuan. Setiap kemampuan untuk mewujudkan sesuatu apapun bentuknya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research), penelitian kepustakaan adalah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Hasil penelitian pendekatan keterampilan pada hakikatnya adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang berfokus pada pelibatan siswa secara aktif dan kreatif dalam dalam proses pemerolehan hasil belajar. Pendekatan keterampilan ini dipandang sebagai pendekatan yang oleh banyak pakar paling sesuai dengan pelaksanaan  pembelajaran di sekolah dalam rangka menghadapi pertumbuhan dan teknologi yang semakin cepat dewasa ini.

Downloads

Published

2021-04-25

How to Cite

Nasihudin, N., & Hariyadin, H. (2021). Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 733–743. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.150