Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan

Authors

  • Deny Solehudin Universitas Islam Kuningan (UNIKU)

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.152

Keywords:

kepemimpinan kepala sekolah; kinerja guru.

Abstract

Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki peran sangat penting dalam mengelola sumber daya yang dimiliki sekolah. Kepala Sekolah memiliki tugas dan wewenangnya yang harus dilaksanakan dengan baik. Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pergerakan (Actuating), dan pengawasan (Controling) agar mampu melaksanakan tugasnya dan dapat meningkatkan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, serta hambatannnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian yang mencakup: tahap pra-lapangan, tahap lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi di tempat penelitian yaitu di SD Negeri 3 Awirarangan Kuningan. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif yang mencakup: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan (verifikasi)  dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan (planning) Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru adalah dengan menyusun RKJM dan RKAS, (2) Pengorganisasian (organizing) Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru dengan cara pembagian tugas serta wewenangnya kepada guru-guru dan pegawai sekolah sesuai dengan struktur organisasi sekolah yang telah disusun dan disepakati bersama, (3) Pergerakan (actuating) kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru dengan membuat keadaan sekolah kondusif dengan memperhatikan motivasi intrinsik dan ekstrinsik dari warga sekolah, (4) Pengawasan (controlling) Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru dengan cara pengawasan administrasi terhadap seluruh kegiatan pada unit organisasi (sekolah) di semua aspek tugas dan pekerjaan Guru, sedangkan pengawasan manajerial dilakukan terhadap Guru Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, dan (5) Hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan di SDN 3 Awirarangan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan berkaitan dengan anggaran yang diperoleh serta berkaitan dengan sumber daya manusia dari warga sekolah.

Downloads

Published

2021-04-25

How to Cite

Solehudin, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 608–624. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.152