Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Pada Siswa Kelas V SD Negeri 46 Rejang Lebong Tahun Pelajaran 2021-2022

Authors

  • Kusmiadi Kusmiadi Universitas Pendidikan Indonesia Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1540

Keywords:

Analisis,, Bahasa, Huruf Kapital, Paragraf Deskriptif

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 46 Rejang Lebong Tahun Pelajaran 2021-2022” ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan huruf kapital yang dibuat oleh siswa dalam menulis paragraf deskriptif. Adapun masalah dalam penelitian ini yakni “apakah kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam penggunaan huruf kapital saat membuat kalimat deskriptif”. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negri 46 Rejang Lebong tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa, Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriprif, yaitu metode penelitian yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Keslahan ini terjadi di permulaan kaliamat terutama pada saat transisi pergantian kaliamat setelah tanda baca titik. Indikasi dari kesalahan ini disebabkan kurang terlatihnya siswa dalam menulis huruf kapital, adanya kebiasaan penulisan kalimat tanpa menggunakan huruf kapital. Selain itu ada juga siswa yang memiliki kebiasaan menggunakan huruf kapital terus menerus pada satu huruf tertentu. Faktor lain yang menyebabkan kesalahan tersebut, yaitu motivasi serta minat belajar siswa rendah. selain itu peranan guru yang masih kurang dalam memicu minat siswa dalam belajar menulis karen kurang kreatifnya cara penyampaian materi. Peneliti mengharapkan untuk penelitian selanjutnya agar bisa memberikan metode yang lebih baik dalam penyampaian materi mengenai penggunaan huruf kapital dalam menulis.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Kusmiadi, K. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Pada Siswa Kelas V SD Negeri 46 Rejang Lebong Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 52–65. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1540