Peningkatan Nilai Sikap Kebhinekaan Melalui Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Di Sekolah Dasar

Authors

  • Rani Maharani Universitas Bhayangkara Bekasi, Indonesia
  • Fara Diba Catur Putri Universitas Bhayangkara Bekasi, Indonesia
  • Markum Markum Universitas Bhayangkara Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1594

Keywords:

Nilai Kebhinekaan, VCT Value Clarification Technique, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu sektor yang harus beradapatasi akibat pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi kebutuhan agar tercipta proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dan sesuai perkembangan zaman. Virtual reality sebagai salah teknologi yang sedang dikembangkan dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji peran teknologi virtual reality yang digunakan sebagai media untuk membangun kemampuan dialogis siswa di dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi pustaka. Data diambil dari berbagai literatur yang relevan berupa buku, artikel, jurnal, maupun sumber-sumber tertulis lainnya. Data tersebut kemudian dianalisis dan dikaji sedemikian memperoleh hasil kajian yang disajikan secara deskriptif. Hasil kajian yang diperoleh menunjukkan bahwa teknologi virtual reality dapat berperan untuk membangun kemampuan dialogis siswa dalam pembelajaran matematika. Peran tersebut akan maksimal bilamana guru mampu membuat dan menyajikan konten pembelajaran yang mampu menstimulus siswa untuk mengkritisi sebuah masalah dan mendorong siswa membangun dialog serta berargumen dengan siswa lain.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Maharani, R., Catur Putri, F. D. ., & Markum, M. (2023). Peningkatan Nilai Sikap Kebhinekaan Melalui Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 132–143. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1594