Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII D MTSN 2 Bombana
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1630Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Aktivitas belajar matematika, tutor sebaya.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas MTsN Negeri 2 Bombana di Kabupaten Bombana tahun pelajaran 2022/2023 untuk belajar matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui pembelajaran kontekstual dengan strategi tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Terdapat tiga siklus dalam penelitian ini, di mana hasil dari satu siklus menjadi bahan refleksi untuk mengadakan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus berikutnya. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan tes formatif, lembar observasi dan wawancara. Subyek penelitian siswa kelas VIII MTsN 2 Bombana yang terdiri dari 32 orang siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan tolak ukur pencapaian hasil belajar siswa secara klasikal 85%, serta secara kualitatif untuk aktivitas belajar. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa antar siklus 1 dan 2 meningkat 20,7% dan antar siklus 2 dan 3 meningkat 9,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh dari tes formatif pada siklus pertama 57,1%, pada siklus kedua 71,4% dan pada siklus ketiga 85,7%. Dari hasil wawancara diketahui bahwa sebagian besar siswa menyenangi pembelajaran berkelompok dengan strategi ini. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan strategi tutur sebaya bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII D MTsN 2 Bombana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Halizi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.