Desain Pembelajaran PAI Di Sekolah

Authors

  • Siti Hajar Linmas Fatimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1635

Keywords:

Desain, Pendidikan, Agama, Sekolah

Abstract

Dilihat dari sudut pandang seorang guru atau pendidik yang dituntut untuk memiliki banyak kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik, profesionalisme, kepribadian, dan sosial yang harus dimiliki, membuktikan bahwa tidak sembarang orang dapat menjadi pendidik. Namun hal yang selalu dipertanyakan yaitu tentang perubahan dan perkembangan dalam perencanaan bentuk pembelajran. Disaat pandemik sekarang ini, melakukan perubahan pembelajaran yang berbeda dari perencanaan strategi pembelajran sebelumnya merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan karena adanya keterbatasan pemahaman untuk melakukannya. Didalam ranah pendidikan, masih banyak imu yang bisa dikembangkan. Menggunakan metode qualitatif deskripsi yang akan membantu dalam memahami pengertian dari berbagai sudut pandang akan sangat membantu pada penelitian ini. Desain pembelajaran itu memerlukan perpaduan kebutuhan peserta didik dengan kompetensi yang harus kuasai pada saat mereka telah selesai melaksanakan kegiatan belajar. Berbagai pendapat dalam menyusun model pembelajaran berdasarkan berbagai prinsip atau teori pengetahuan. Mereka menyusun model pembelajaran berdasarkan pada prinsip-prinsip pembelajaran, teori-teori psikologis, sosiologis, analisis sistem, atau teori-teori yang lain yang mendukung perencanaannya. Pembahasan tentang model desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam atau PAI saat ini sudah banyak bisa ditemukan sehingga perlu mencari suatu permasalahan yang lebih rinci untuk lebih memahami dan menambah pengetahuan baru.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Linmas Fatimah, S. H. (2023). Desain Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 262–271. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1635