Pengaruh Reels Instagram Dakwah Terhadap Moderasi Beragama Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Setiawati Setiawati Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta, Indonesia
  • Ayu Wijiastuti Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta, Indonesia
  • Vrio Andris Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta, Indonesia
  • Nur Rohilah Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1637

Keywords:

Reels Instagram, Dakwah, Moderasi Beragama

Abstract

Media sosial Instagram memiliki fitur menarik yang dapat mengunggah video dengan berbagai filter berdurasi satu menit, yaitu Reels. Reels Instagram memuat banyak video seperti tentang komedi, tutorial masak, promosi barang, bahkan dakwah. Banyaknya konten dakwah pada Reels Instagram yang ditonton seseorang, bisa menumbuhkan motivasi untuk melakukan apa yang ditonton. Pada penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasi Reels Instagram dakwah yang ditonton pengguna Instagram termasuk peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta yang diduga dapat mempengaruhi perilaku atau sikap seseorang. Perilaku yang dimaksudkan difokuskan pada sikap bermoderasi peserta didik yang sering menonton Reels Instagram dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Total sampel penelitian ini sejumlah 148 peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta kelas VIII dan IX dengan 10 pertanyaan tentang Reels Instagram dakwah dan 15 pertanyaan tentang moderasi beragama menggunakan rentan skor 1 - 5. Hasil dari penelitian yang dapat  menunjukan bahwa Reels Instagram dakwah berpengaruh pada moderasi beragama peserta didik, dengan demikian hipotesis penelitian didukung oleh data empiris

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Setiawati, S., Wijiastuti, A. ., Andris, V. ., & Rohilah, N. (2023). Pengaruh Reels Instagram Dakwah Terhadap Moderasi Beragama Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 239–251. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1637