Pengaruh Reels Instagram Dakwah Terhadap Moderasi Beragama Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1637Keywords:
Reels Instagram, Dakwah, Moderasi BeragamaAbstract
Media sosial Instagram memiliki fitur menarik yang dapat mengunggah video dengan berbagai filter berdurasi satu menit, yaitu Reels. Reels Instagram memuat banyak video seperti tentang komedi, tutorial masak, promosi barang, bahkan dakwah. Banyaknya konten dakwah pada Reels Instagram yang ditonton seseorang, bisa menumbuhkan motivasi untuk melakukan apa yang ditonton. Pada penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasi Reels Instagram dakwah yang ditonton pengguna Instagram termasuk peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta yang diduga dapat mempengaruhi perilaku atau sikap seseorang. Perilaku yang dimaksudkan difokuskan pada sikap bermoderasi peserta didik yang sering menonton Reels Instagram dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Total sampel penelitian ini sejumlah 148 peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 35 Jakarta kelas VIII dan IX dengan 10 pertanyaan tentang Reels Instagram dakwah dan 15 pertanyaan tentang moderasi beragama menggunakan rentan skor 1 - 5. Hasil dari penelitian yang dapat menunjukan bahwa Reels Instagram dakwah berpengaruh pada moderasi beragama peserta didik, dengan demikian hipotesis penelitian didukung oleh data empiris
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Setiawati, Ayu Wijiastuti, Vrio Andris, Syarifah Bahrus, Nur Rohilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.