Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IX SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo Kabupaten Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1679Keywords:
pembelajaran, problem based learning, IPSAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa di Kelas IX SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keseluruhan hasil analisis data, baik data observasi awal maupun data pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap tahapan penelitian. Pada saat observasi awal, motivasi belajar siswa di di Kelas IX SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo Kabupaten Gorontalo hanya berjumlah 28% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 25 orang, namun setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning meningkat menjadi 59,67% sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan hingga mencapai 89,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang berbunyi; “Jika dalam pembelajaran digunakan model pembelajaran problem based learning maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo Kabupaten Gorontalo akan meningkat “ maka penelitian ini dinyatakan berhasil atau hipotesisnya diterima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nirda Daud Engahu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.