Penerapan Pembelajaran CTL pada Mata Kuliah IPA Untuk Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar

Authors

  • Dede Sustri Universitas Halim Sanusi, Bandung
  • Muhamad Ramdan Gumilar Universitas Halim Sanusi, Bandung
  • Anah Nurjanah Universitas Halim Sanusi, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.190

Keywords:

contextual teaching and learning (CTL); pendidikan tindakan kelas; hasil belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah IPA. Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata kuliah IPA ternyata dapat meningkatkan hasil prestasi belajar mahasiswa. Ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I dan Siklus II. Berdasarkan penilaian hasil pada siklus II secara keseluruhan mahasiswa dalam kelas dikategorikan sudah memahami konsep materi IPA dengan baik dimana ketuntasan mahasiswa hanya mencapai 82% dengan rata-rata kelas 61,85. Begitupun hasil observasi aktivitas dosen bernilai 83,8% dan aktivitas mahasiswa untuk skor penilaian 2 (cukup) bernilai 50% dan sangat baik 34%. Dosen lebih memberi motivasi kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa memperhatikan penjelasan Dosen. Selain itu, mahasiswa mulai berani dan terbiasa bertanya kepada dosen. Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan metode yang sesuai untuk diterapkan pada mata kuliah Pendidikan IPA.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Sustri, D., Ramdan Gumilar , M. ., & Nurjanah, A. . (2021). Penerapan Pembelajaran CTL pada Mata Kuliah IPA Untuk Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 953–963. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.190