Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 03 Liki Melalui Model Discovery Learning Aplikasi Mikir
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.193Keywords:
hasil belajar; aktivitas; model discovery learning; MIKiR.Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Liki Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas VI. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), Metode yang digunakan yaitu penelitian secara langsung dilaksanakan oleh guru dalam bentuk pengajaran dimana guru melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaannya penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada aspek hasil belajar diperoleh peningkatan yang signifikan dimana pada siklus I, siswa yang meraih nilai diatas KKM 75 hanya 5 (17,86%) orang sedangkan 23 orang (82,14%) di bawah KKM. Di Siklus II, jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 26 orang (92,86%) dan yang dibawah KKM sebanyak 2 orang (7,14%). Dari aspek aktivitas pembelajaran Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan yaitu 46,43% (mengalami); 50% (interaksi); 57,15% (komunikasi) dan 46,43% (refleksi). Berdasarkan data tersebut proses pembelajaran IPA di kelas VI pada kompetensi dasar menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran discovery learning aplikasi MIKiR dapat meningkatkan perolehan hasil belajar hal itu dibuktikan dengan meningkatnya siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM pembelajaran.