Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Mahasiswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Di Pascasarjana Institut Ptiq Jakarta

Authors

  • Muhammad Hilman Institut PTIQ Jakarta
  • Akhmad Shunhaji Institut PTIQ Jakarta
  • Muhammad Suaib Tahir Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2170

Keywords:

Cooperative learning, kolaboratif.

Abstract

Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta pada prodi Magister manajemen pendidikan perguruan tinggi islam. Penerapan model cooperative learning dapat efektif diterapkan dalam pembelajaran ketika langkah-langkah yang disyaratkan bisa dipraktekkan dengan baik dan benar  dalam pembelajaran. Adapun langkah-langkah serta penerapan dalam pembelajarannya yaitu:

  1. Dosen memberikan informasi mengenai target pembelajaran yang akan dicapai dalam kelas dan memfokuskan pada pentingnya topik yang akan diajarkan serta memotivasi para mahasiswa agar lebih bersemangat untuk belajar.
  2. Dosen menyajikan materi atau informasi kepada mahasiswa melalui demonstrasi atau sumber bacaan yang terkait pembelajaran.
  3. Dosen memberikan petunjuk kepada para mahasiswa tentang bagaimana membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar bisa beradaptasi dengan cepat dan efisien.
  4. Dosen memberikan pendampingan kepada setiap kelompok belajar pada saat mahasiswa mengerjakan tugas mereka.
  5. Dosen mengevaluasi prestasi belajar mahasiswa mengenai materi yang telah dipelajari, atau masing-masing kelompok saat memaparkan hasil kerjanya.
  6. Dosen mencari metode untuk menghargai dan memberikan penghargaan baik atas usaha maupun prestasi belajar individu dan kelompok.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Hilman, M., Shunhaji , A. ., & Tahir, M. S. . (2023). Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Mahasiswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Di Pascasarjana Institut Ptiq Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(8), 834–852. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2170