Pembiasaan Adab Islami Di Sdit Cordova 2 Panongan Kabupaten Tangerang

Authors

  • Lili Hastuti Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2171

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pembiasaan, Adab Islami

Abstract

Pendidikan karakter masih menjadi hal penting sebagai salah satu tujuan pendidikan. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa karakter lah yang paling utama daripada yang hanya sekedar belajar ilmu pengetahuan. Sehingga, banyak orangtua yang lebih memilih sekolah swasta berbasis Islam Terpadu, daripada sekolah Negeri. Adab merupakan bagian dari pendidikan karakter. Adab Islami artinya tatacara dalam melakukan sesuatu sesuai dengan tuntunan Islam. SD IT Cordova 2, sebagai salah satu sekolah Islam Terpadu di daerah Panongan dengan beberapa pembiasaan adab dalam keseharian proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa pembiasaan adab Islami di SDIT Cordova 2 Panongan. Metode pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam setiap pengambilan datanya, dilakukan secara purposive sampling. Artinya, memilah dan memilih informasi hanya yang sesuai dengan data yang dibutuhkan, yakni tentang pembiasaan adab Islami di SDIT Cordova 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan adab Islami di SDIT Cordova telah dibiasakan sejak kelas 1 ketika mulai masuk pelajaran. Mulai dari pembiasaan adab ketika wudhu, ketika shalat dhuha, termasuk beberapa adab ketika berdoa mulai makan, setelah makan, memulai pelajaran, dan selesai pelajaran. Selain beberapa adab tersebut, class habits juga sudah dibiasakan sejak kelas 1. Seperti adab ijin ke toilet, adab ijin mencuci tangan, adab ijin meminjam pensil, adab ijin mengisi air minum, dan adab ijin membuang sampah. Dalam aplikasinya, setiap melakukan adab tersebut, dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai terjemah dalam setiap doanya. Inilah hal yang unik dari SDIT Cordova 2 ini.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Hastuti, L. (2023). Pembiasaan Adab Islami Di Sdit Cordova 2 Panongan Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(8), 797–803. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2171