Meningkatkan Comunication Skill Melalui Layanan Konseling Grup Dengan Strategi Simulasi Pada Siswa Kelas Xi Smkn 2 Pengasih

Authors

  • Ratmi Kuswati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2209

Keywords:

Konseling grup, Comunication Skill, Meningkat.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa melakukan komunikasi antar pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pelaksanaan layanan konseling grup dengan teknik simulasi untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa SMKN 2 Pengasih Tahun 2022.  Dalam hal ini tindakan bimbingan dan konseling yang berupa konseling grup dengan teknik simulasi dengan subyek penelitian siswa Kelas XI TKL-1 SMKN 2 Pengasih yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80%. Data dianalisis dengan rumus change in frequence from base rate to post rate. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan kemampuan berkomunikasi antar pribadi setelah pelaksanaan treatment pada masing-masing siklus dari tiga siklus yang dilaksanakan adalah sebagai berikut : 1) Pada siklus pertama prosentase peningkatan kemampuan berkomunikasi antar pribadi adalah sebesar 31,35%. 2) Pada siklus kedua setelah diberikan treatment terdapat peningkatan kemampuan berkomunikasi antar pribadi dari siklus pertama sebesar 41,62%. 3) Pada siklus ketiga prosentase peningkatan kemampuan berkomunikasi antar pribadi dari siklus kedua sebesar 81,30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Layanan konseling grup dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi, 2 Pengasih, 2) Peningkatan kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa sudah mencapai target yaitu 80%.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Kuswati, R. (2023). Meningkatkan Comunication Skill Melalui Layanan Konseling Grup Dengan Strategi Simulasi Pada Siswa Kelas Xi Smkn 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(9), 929–939. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2209