Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam: Definisi, Fungsi, dan Faktor yang Mempengaruhinya

Authors

  • Alifahtul Mahdiya Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ulviana Nurwachidah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muhammad Hanist Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.222

Keywords:

kepemimpinan; pendidikan; konsep.

Abstract

Latar Belakang: Kepemimpinan merupakan fenomena yang unik dan kompleks. Dalam interaksi sosial, setiap orang akan menunjukkan perilaku kepemimpinan ketika berinteraksi dalam format yang mempengaruhi orang lain.

Tujuan: Untuk menggali lebih dalam tentang kepemimpinan dan menyelesaikan tugasnya.

Metode: Menggunakan Library Research (Kepustakaan), dengan teknik mengumpulkan sumber daya seperti bahan bacaan tentang kepemimpinan

Hasil: Kepemimpinan adalah upaya sadar yang dipimpin oleh seorang (pemimpin) dalam proses pengaruh motivasi dan memprovokasi individu atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu secara sukarela sehingga mengarah pada tujuan yang telah ditentukan.

Kesimpulan: Kepemimpinan pendidikan sebagai salah satu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinasikan dan memobilisasi orang lain yang berkaitan dengan pengembangan ilmu pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan dapat dilaksanakan. Selain itu bisa lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran.

Downloads

Published

2021-07-25

How to Cite

Mahdiya, A., Nurwachidah, U. ., & Hanist, M. . (2021). Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam: Definisi, Fungsi, dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1146–1156. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.222