Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam: Definisi, Fungsi, dan Faktor yang Mempengaruhinya
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.222Keywords:
kepemimpinan; pendidikan; konsep.Abstract
Latar Belakang: Kepemimpinan merupakan fenomena yang unik dan kompleks. Dalam interaksi sosial, setiap orang akan menunjukkan perilaku kepemimpinan ketika berinteraksi dalam format yang mempengaruhi orang lain.
Tujuan: Untuk menggali lebih dalam tentang kepemimpinan dan menyelesaikan tugasnya.
Metode: Menggunakan Library Research (Kepustakaan), dengan teknik mengumpulkan sumber daya seperti bahan bacaan tentang kepemimpinan
Hasil: Kepemimpinan adalah upaya sadar yang dipimpin oleh seorang (pemimpin) dalam proses pengaruh motivasi dan memprovokasi individu atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu secara sukarela sehingga mengarah pada tujuan yang telah ditentukan.
Kesimpulan: Kepemimpinan pendidikan sebagai salah satu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinasikan dan memobilisasi orang lain yang berkaitan dengan pengembangan ilmu pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan dapat dilaksanakan. Selain itu bisa lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran.