Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi Kelas X Di Smk Bisnis Informatika
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2254Keywords:
PAUD, Media Pembelajaran, Inovasi, Media Balok, Balok Bubur Kertas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi; 2) Apakah Model Pembelajaran Project Based Learning dapat mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Bisnis Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal dengan sampel pada penelitian ini yakni kelas X AKL yang berjumlah 16 orang yang diambil secara nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari kriteria ketuntasan minimum pada soal pretest sebesar 18,17% sedangkan pada soal posttest sebesar 43,75%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas X AKL diperoleh nilai sig. (2 failed) 0,000 < 0,05 pada taraf α=0,05 memiliki arti bahwa Ha diterima dan HO ditolak, yang dinyatakan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Bisnis Informatika.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sastri Dwi Amarthia, Rita Aryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.