Pengaruh Self-Concept Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Dimoderasi oleh Self-Efficacy

Authors

  • Rajip Sidik Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muh. Yazid Gandi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.226

Keywords:

prestasi akademik; self-concept; self-efficacy.

Abstract

Latar Belakang: Prestasi akademik merupakan tingkat yang dicapai oleh siswa berdasarkan pengalaman belajarnya dalam suatu disiplin ilmu sebagai pencapaian tujuan dan kualifikasi yang ditetapkan di awal program pendidikan.

Tujuan: Mengetahui dan menganalisis efek self-concept terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan variabel moderasi self-efficacy.

Metode: Menggunakan cross section method melalui kuesioner sebagai pengumpulan data. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil: Menunjukkan bahwa i) tingkat prestasi akademik berada pada kategori sangat memuaskan, self-concept dan self-efficacy berada pada kategori tinggi. ii) self-concept mempengaruhi prestasi akademik. iii) self-efficacy memoderasi pengaruh self-concept terhadap prestasi akademik.

Kesimpulan: Bahwa terdapat pengaruh self-concept terhadap prestasi akademik mahasiswa, serta terdapat interaksi antara self-efficacy pada pengaruh self-concept terhadap prestasi akademik mahasiswa.

Downloads

Published

2021-07-25

How to Cite

Sidik, R., & Gandi, M. Y. . (2021). Pengaruh Self-Concept Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Dimoderasi oleh Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1219–1232. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.226