Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gejala Alam di Indonesia Menggunakan Model CTL Siswa Kelas V SD

Authors

  • Nunu Rustinah Guru SD Negeri 007 Gunung Kijang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.23

Keywords:

Hasil Belajar, Gejala Alam di Indonesia, Metode CTL

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengimplikasikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga banyak siswa yang kurang memahami dan mencapai nilai yang relatif rendah. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi gejala alam di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 007 Gunung Kijang, bentuk RPP dan skenario pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran CTL, dengan tahapan sebagai berikut;  (1) Guru mengajak siswa mengamati Peta Indonesia dan Peta Asia Tenggara; (2) ) Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; (3) Guru menjelaskan pelajaran tentang gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga; (4) peserta didik yang bisa mengerjakan soal, menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti. ; (5) Guru bertanya jawab tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara; (6) Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa; (7) Guru memberikan evaluasi; (8) Penutup pelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian expost facto. Akan tetapi pada Penelitian ini menggunakan metode meta analisi. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya Model Pembelajaran CTL dapat membuat siswa aktif  dan meningkatnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS   materi Gejala Alam di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 007 Gunung Kijang

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Rustinah, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gejala Alam di Indonesia Menggunakan Model CTL Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 320–337. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.23