Keefektivan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Audio Visual Pada SMK SBS Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2573Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, keefektivanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaraan problem-based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK SBS Kuningan pada materi era disruption 4.0 dan untuk menguji perbedaan antara efektifitas penggunaan model pembelajaran problem-based learning dalam pembelajaran materi era disruption 4.0 pada kelompok eksperimen dengan metode konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research). Sempel penelitian ada 30 siswa yaitu, 15 eksperimen dan 15 sebagai kelompok kontrol. Dari uji t yang telah dilakukan pada hasil belajar, dapat diketahui bahwa hasil kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. T hitung 3,469 > T tabel 2,145 dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan kata lain ada perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara penggunaan model pembelajaran PBL dengan model konvensional learning untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Bisnis materi era disruption 4.0 Pada Siswa Kelas X SMK SBS Kuningan. Tahun Pelajaran 2022/2023.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mar’atus Solikhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.