Peningkatan Minat Membaca Dan Menulis Al-Quran Siswa Melalui Metode Demonstrasi

Authors

  • Kamisah SDN 001 Bintan Utara

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.26

Keywords:

Minat Membaca; Menulis Al-qu’an; Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pembelajaran di Kelas IV.C SDN 001 Bintan Utara semester II tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pokok membaca dan menulis Al-Quran belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes yang kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM (75) yang telah ditentukan, yaitu dari jumlah siswa 23 hanya 10 siswa saja yang sudah tuntas atau memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 15 siswa yang lain memperoleh nilai kurang dari KKM, dan setelah di rata-rata dari 48 siswa diperoleh nilai rata-rata 74. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok membaca dan menulis Al-Quran siswa Kelas IV.C semester II SDN 001 Bintan Utara tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata ulangan harian yang mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus 74 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 68%, sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus I 79 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 73%, dan nilai rata-rata hasil tes siklus II 84 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok membaca dan menulis Al-Quran siswa Kelas IV.C semester II SDN 001 Bintan Utara tahun pelajaran 2018/2019

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Kamisah. (2020). Peningkatan Minat Membaca Dan Menulis Al-Quran Siswa Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 295–319. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.26