Analisis Dampak Perundungan Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Lutfiyatut Tamamiyah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2616

Keywords:

perundungan, bullying, moral

Abstract

Perundungan pada lingkungan pendidikan tidak kunjung habis, perilaku merugikan orang lain ini masih sering terjadi contohnya di ranah sekolah menengah pertama. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak perundungan terhadap moral siswa sekolah menengah pertama dan bagaimana cara meminimalisir perundungan di dunia Pendidikan. Metode penelitian yang diagunakan dalam penelitian ini berupa metode kualitatif. Metode penlisan pada penelitian ini menggunakan jenis studi literatrur. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder berupa jurnal, artikel, buku, laporan penelitian yang terkait dengan masalah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perundungan dapat memengaruhi moralitas siswa, terutama dalam bentuk penghinaan, adu domba, dan fitnah. Dampak psikologis perundungan juga mencakup rasa takut, murung, dan perubahan sifat individu korban. Selain itu, perundungan dapat merusak moralitas pelaku perundungan, membentuk pola perilaku negatif, seperti menggunjing dan adu domba. Kesimpulannya, perundungan dapat memiliki dampak yang signifikan pada moral siswa SMP, dan penanaman nilai-nilai moralitas sejak dini di sekolah dapat membantu meminimalisir perundungan

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Tamamiyah, L. (2024). Analisis Dampak Perundungan Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1348–1355. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2616