Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Membedakan Sampah Organik dan Non Organik di Tk Nurul Huda Karawang
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i2.2703Keywords:
Model ATIK, Sampah Organik, Sampah Non Organik, TKAbstract
Masalah sampah merupakan masalah yang ada hampir diseluruh daerah di Indonesia. Kurangnya pengetahuan anak-anak tentang pengelolaan sampah menjadikan masalah sampah belum dapat teratasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan Model ATIK dalam meningkatkan kesadaran berfikir tentang kebersihan dalam membuang sampah dan memilah sampah pada taman kanak kanak di Kota Karawang. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pemilihan sampah organik dan non organik untuk dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masih tercampur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga TK Nurul Huda Karawang melalui Model ATIK pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian di dapatkan bahwa TK Nurul Huda telah mengimplementasikan Model ATIK dengan cara Amati, Tiru, Kerjakan maka anak dapat dengan mudah membedakan antara sampah organik dan non organik. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 September hingga 2 November 2023 sampai dengan dapat disimpulkan bahwa Model ATIK anak dapat berhasil membedakan antara sampah organik dan non organic.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lola Anggraeni, Malia Nurrohmah, Melda Meidina, Rahayu Rahayu, Sri Watini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.