Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Membedakan Sampah Organik dan Non Organik di Tk Nurul Huda Karawang

Authors

  • Lola Anggraeni Universitas Panca Sakti
  • Malia Nurrohmah Universitas Panca Sakti
  • Melda Meidina Universitas Panca Sakti
  • Rahayu Rahayu Universitas Panca Sakti
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i2.2703

Keywords:

Model ATIK, Sampah Organik, Sampah Non Organik, TK

Abstract

Masalah sampah merupakan masalah yang ada hampir diseluruh daerah di Indonesia. Kurangnya pengetahuan anak-anak tentang pengelolaan sampah menjadikan masalah sampah belum dapat teratasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan Model ATIK dalam meningkatkan kesadaran berfikir tentang kebersihan dalam membuang sampah dan memilah sampah pada taman kanak kanak di Kota Karawang. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pemilihan sampah organik dan non organik untuk dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masih tercampur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga TK Nurul Huda Karawang melalui Model ATIK pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian di dapatkan bahwa TK Nurul Huda telah mengimplementasikan Model ATIK dengan cara Amati, Tiru, Kerjakan maka anak dapat dengan mudah membedakan antara sampah organik dan non organik. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 September hingga 2 November 2023 sampai dengan dapat disimpulkan bahwa Model ATIK anak dapat berhasil membedakan antara sampah organik dan non organic.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Anggraeni, L., Nurrohmah, M. ., Meidina, M. ., Rahayu, R., & Watini, S. (2024). Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Membedakan Sampah Organik dan Non Organik di Tk Nurul Huda Karawang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 43–56. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i2.2703