Implementasi Manajemen Kurikulum Salafiyah Dan Kemendikbud Di Pondok Pesantren Al-Jaohar Ciamis Jawa Barat

Authors

  • Ridwan Ahmad Hidayat IAIN Sykhnurjati Cirebon
  • Suklani Suklani IAIN Sykhnurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i2.2705

Keywords:

Implementasi,, Integrasi, Kurikulum, Salafiyah, Kemendikbud

Abstract

Pendidikan di era modern ini berkompetensi dalam meningkatkan mutu pendidikan dari setiap lembaga, baik formal, non formal dan informal. Tujuan penelitiaan ini yaitu untuk mengetahui implementasi manajemen Kurikulum Terpadu dalam pembelajaran dan strategi yang digunakan di Pondok Pesantren Al–Jaohar. Metode Penelitiaan menggunakan penelitiaan deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dari data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian menggunakan analisis data yang kompleks, display data dan kesimpulan atau verivikasi data yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang relevan sehingga membuat model machine learning lebih akurat. Hasil temuan menunjukan bahwa manajemen kurikulum di Pondok Peantren Al-Jaohar sudah dilaksanakan dan disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan yaitu memadukan kurikulum kemendikbud dan salafiayah, yang mendukung pada pencapain pembelajaran untuk meningkatkan mutu lulusan Pondok Pesantren Al-Jaohar, implementasi manajemen kurikulum terpadu Pondok Pesantren Al-Jaohar meliputi beberapa program yaitu; isi pengajaran, mengarahkan proses mekanisme pendidikan, dan materi pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menggambarkan bahwa pendidikan dan manajemen kurikulum memiliki keterkaitan yang erat dalam upaya mencapai tujuan pendidikan.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Ahmad Hidayat, R., & Suklani, S. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Salafiyah Dan Kemendikbud Di Pondok Pesantren Al-Jaohar Ciamis Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 81–91. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i2.2705