Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Penggerak SMP Negeri 11 Tual

Authors

  • Andi Ridwan Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Maluku
  • Samad Umarella Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Maluku

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i3.2734

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran agama Islam di sekolah menengah pertama menghadapi tantangan dalam mengakomodasi perbedaan belajar siswa. Dalam konteks ini, penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi penting untuk memastikan pendidikan yang inklusif dan berorientasi pada pengembangan karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Tual, termasuk langkah konkret yang diambil oleh guru-guru PAI, metode, strategi, dan alat pembelajaran yang digunakan, serta hambatan yang mungkin dihadapi dalam penerapannya. Metode  penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan analisis deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian berada di SMP Negeri 11 Tual, Desa Ohoitahit, Kecamatan Pulau Dullah Utara, Kota Tual. Waktu penelitian dilakukan dari tanggal 17 Januari sampai dengan 17 Februari 2024. Analisis data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi pendidikan agama Islam di SMPN 11 Tual telah berjalan sejak tahun 2021 yang menunjukkan adanya komitmen Kepala Sekolah beserta semua guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan tingkat pengetahuan, bakat dan minat, serta gaya belajar murid. Selanjutnya pembelajaran berdiferensiasi dapat dikatakan berjalan dengan lancar apabila memenuhi indikator yaitu diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Adapun dampak dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pendidikan agama Islam di Sekolah Penggerak SMPN 11 Tual mencakup 3 aspek yaitu peningkatan pemahaman ajaran agama Islam, peningkatan hasil belajar murid, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ridwan, A., & Umarella, S. . (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Penggerak SMP Negeri 11 Tual. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(3), 137–149. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i3.2734