Faktor Motivasi Belajar Rendah Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Anggun Nabila Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Budiaman Budiaman Universitas Negeri Jakarta
  • Nurul Istiqomah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i5.2775

Keywords:

Motivasi Belajar, IPS, Mata pelajaran

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu hal penting pada proses pembelajaran. Namun, rendahnya motivasi belajar pada peserta didik tentu akan mempengaruhi berlangungnya proses pembelajaran. Hal ini yang terjadi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cabangbungin pada mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang menjadi latar belakang rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cabangbungi terutama pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, sedangkan dalam teknik analisi data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa faktor-faktor rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cabangbungin pada mata pelajaran IPS dilatarbelakangi oleh: 1). Rendanya hasrta dan keinginan berhasil pada diri pesera didik, 2). Rendahnya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3). Rendahnya harapan dan cita-cita masa depan, 4). Masih rendanya kegiatan yang menarik dalam belajar, 5). Lingkungan belajar yang kurang kondusif. Guru selaian sebagai seorang pengajar memiliki peran pula sebagai motivator yang mana untuk mendorong peserta didik dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik. Guru dapat dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menggunakan metode serta media pembelajaran yang bervariasi dan menarik sehingga dapat membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Azzahra, A. N., Budiaman, B., & Istiqomah, N. . (2024). Faktor Motivasi Belajar Rendah Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(5), 165–170. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i5.2775