Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) dan Project Based Learning (PBL) dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dan Peninjauan Karakter Siswa

Authors

  • Suandi Amandus Hutasoit Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.294

Keywords:

pembelajaran konvensional , kinerja ilmiah, karakter siswa

Abstract

Latar Belakang: Kurang aktifnya siswa pada proses belajar, sehingga rendahnya nilai kinerja ilmiah pada mata pelajaran IPA SMP kelas VIII-IX.

Tujuan: Menganalisis pengaruh model pembelajaran konvensional ( Teacher Centered Learning ) dan model pembelajaran berbasis proyek ( Project Based Learning ), sehingga mendapatkan seberapa besar pengembangan nilai kinerja ilmiah dan karakter siswa pada materi produk berbahan kimia.

Metode: penelitian eksperimen dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design jenis Intact-Group Comparison . Subjek penelitian ini adalah 69 siswa dalam tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik proportional sampling . Instrumen yang digunakan adalah observasi untuk mengukur seberapa besar pengembangan nilai ilmiah serta merancang karakter siswa pada model pembelajaran TCL dan PBL

Hasil: Peningkatan persentase nilai kinerja ilmiah untuk setiap indikator, yaitu indikator observasi pada TCL 52% meningkat menjadi 94,44% pada PBL , indikator merencanakan pada TCL 46% meningkat menjadi 93,53% pada PBL , indikator pelaksanaan pada TCL 78% meningkat menjadi 89,81% pada PBL , indikator komunikasi pada TCL 51% meningkat 95,37% pada PBL , indikator pada TCL 73% meningkat menjadi 89,81% pada PBL , dan indikator hasil pada TCL 55% meningkat menjadi 97, 22% pada PBL. Demikian juga pada peningkatan nilai karakter siswa pada setiap indikator rasa ingin tahu, keras, tanggung jawab, komunikatif, kreativitas, dan lingkungan pada TCL mengalami peningkatan setelah diterapkannya PBL .

Kesimpulan: Model Pembelajaran Pro ject Based Learning DAPAT mengembangkan Nilai costs kos Ilmiah PADA mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII-IX SMP di Jakarta.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Amandus Hutasoit, S. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) dan Project Based Learning (PBL) dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dan Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1775–1799. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.294