Peningkatan Prestasi Belajar Teknologi Perkantoran Melalui Metode Diskusi Peserta Didik SMKN 1 Sidrap Kabupaten Sidrap
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.310Keywords:
prestasi, belajar, teknologi, diskusiAbstract
Latar Belakang: Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran harus mempersiapkan diri dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.
Tujuan: (1) Untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran teknologi perkantoran peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang?; (2) Untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran teknologi perkantoran peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang?; (3) Untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar teknologi perkantoran peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang?.
Metode: Menggunakan metode diskusi dengan desain PTK yang dirancang dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data/pengamatan dan refleksi.
Hasil: Aktivitas Guru siklus I pertemuan I adalah 50,00% ke pertemuan II menjadi 69,64%; siklus II pertemuan I adalah 73,21% ke pertemuan II menjadi 87,50%. Aktivitas Peserta didik siklus I pertemuan I adalah 46,88% ke pertemuan II menjadi 65,63%; siklus II pertemuan I adalah 71,86% ke pertemuan II menjadi 81,25% . Prestasi belajar Peserta didik pra tindakan, yang tuntas 14 (41,18%) ke siklus I pertemuan I menjadi 20(58,82%) ke pertemuan II menjadi 24(70,59%); siklus II pertemuan I menjadi 27(79,41%) ke pertemuan II menjadi 33(97,06%).
Kesimpulan: Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut, maka disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas Guru, aktivitas Peserta didik, yang mengakibatkan meningkatnya pula prestasi belajar Peserta didik.