Peningkatan Prestasi Belajar Teknologi Perkantoran Melalui Metode Diskusi Peserta Didik SMKN 1 Sidrap Kabupaten Sidrap

Authors

  • Muslimin Muslimin SMK Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.310

Keywords:

prestasi, belajar, teknologi, diskusi

Abstract

Latar Belakang: Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran harus mempersiapkan diri dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

Tujuan: (1) Untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran teknologi perkantoran peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Sidrap  Kabupaten Sidenreng Rappang?; (2) Untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran teknologi perkantoran peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang?; (3) Untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar teknologi perkantoran peserta didik kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang?.

Metode: Menggunakan metode diskusi dengan desain PTK yang dirancang dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data/pengamatan dan refleksi.

Hasil: Aktivitas Guru siklus I  pertemuan I adalah 50,00%  ke pertemuan II  menjadi 69,64%; siklus II pertemuan I adalah 73,21%  ke pertemuan II menjadi 87,50%. Aktivitas Peserta didik siklus I  pertemuan I adalah 46,88%  ke pertemuan II  menjadi 65,63%; siklus II pertemuan I adalah 71,86%  ke pertemuan II menjadi 81,25% . Prestasi belajar Peserta didik pra tindakan, yang tuntas 14 (41,18%) ke siklus I  pertemuan I menjadi 20(58,82%) ke pertemuan II  menjadi 24(70,59%); siklus II pertemuan I menjadi 27(79,41%)  ke pertemuan II menjadi 33(97,06%).    

Kesimpulan: Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut, maka disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas Guru, aktivitas Peserta didik, yang mengakibatkan meningkatnya pula prestasi belajar Peserta didik.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Muslimin, M. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Teknologi Perkantoran Melalui Metode Diskusi Peserta Didik SMKN 1 Sidrap Kabupaten Sidrap. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1728–1750. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.310