Peran Pemikiran Pendidikan K. H. Hasyim Asy’ari dalam Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia

Authors

  • Muhammad Luthful Majiid Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Fahri Hidayat Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3283

Keywords:

Pemikiran, Pendidikan, Kyai Haji Hasyim Asy'ari

Abstract

Melalui pembahasan ini bisa kita ambil pelajaran terkait profil Hasyim Asy'ari, dengan nama lengkap Muhammad Hasyim Asy'ari ibn 'Abd Al-Wahid bin Abdul Halim. Menurutnya, di Gedang Jombang Jawa Timur, Selasa 24 Dzu Al-Qa'idah 1287 H jatuh pada tanggal 14 Februari 1871 M. Beberapa pemikiran kiai Hasyim Asy'ar tidak lepas dari latar belakang sosio-historis yang melingkupinya. Kyai. Haji. Hasyim Asy'ari adalah sosok yang tahu betul apa yang menjadi kewajiban manusia di muka bumi, sebagai wakil presiden Allah harus selalu mengusahakan kebaikan. Kyai Haji Hasyim terbukti sebagai seorang ulama yang dapat menyampaikan dua hal, yaitu: ilmu dan amal. Pada masanya dikenal dua sistem pendidikan bagi penduduk pribumi Indonesia, yang pertama adalah sistem sekolah asrama Islam Islam dan sistem Barat (Holland Inlandsche Scholen) yang diselenggarakan oleh pemerintah Belanda, yang bertujuan untuk melatih para siswa untuk bekerja dengan upah rendah. tingkat. tingkat Menjabat dan mencampuri administrasi pemerintahan Belanda. Masa belajar di sekolah ini dibatasi tujuh tahun, dan mereka yang ingin melanjutkan sekolah harus pergi ke negeri bunga tulip (Selosoemardjan, 1962). Oleh karena itu, hanya penduduk lokal dari beberapa kabupaten yang mendapatkan kesempatan ini.Pendapat KH  Hasyim Asy'ari tentang tasawuf (tasawuf) Hasyim Asy'ari menjelaskan dalam karyanya yaitu dalam kitab Ad-Durar Al-Muntathirah fil Masa'il At-Tis' Asyarah (Taburan Manik-manik lebih dari 19 Bilangan) dan dalam kitab Fin At - Tibyan Nahi' an Muqatha 'atil Arham Wal Aqarib Wal Akhawan (Pernyataan Larangan Pemisahan Kerabat dan Sahabat). Dalam tulisannya ia mengkritik tajam penyimpangan dari studi sufi. Melalui kesimpulan ini dapat kita ambil terkait pola pikir dan ide-ide Kyai Haji Hasyim Asy'ari dari segi kepahlawanan, kependidikan, dan sufi (tasawuf). Yang mana dalam tiga gagasan tersebut Kyai Haji Hasyim Asy'ari memiliki prinsip dan konsep yang logis serta riil, tidak melanggar ketentuan syariat dan bisa diterima oleh banyak kalangan.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Majiid, M. L., & Hidayat, F. . (2024). Peran Pemikiran Pendidikan K. H. Hasyim Asy’ari dalam Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia . Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 596–612. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3283