Keterampilan Vokasional Analisis Kebutuhan Magang Bagi Anak Tunagrahita

Main Article Content

Egi Fauzi
a:1:{s:5:"en_US";s:52:"Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia";}
Imas Diana Aprilia
Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Oom Sitti Homdijah
Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

Latar Belakang: Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus membutuhkan suatu pola layanan tersendiri khususnya bagi anak-anak tunagrahita yang memiliki tingkat kecerdasan. Dampak hambatan pada anak tunagrahita sehingga mereka memerlukan pendidikan khusus, ini sejalan dengan pendidikan khusus yang sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dalam pasal 32 ayat (2), yaitu bahwa “pendidikan khusus merupakan pendidikan suatu layanan untuk anak berkebutuhan khusus”.


Tujuan: Bagaimana kemampuan objektif keterampilan vokasional anak tunagrahita ringan saat ini dan mengembangkan keterampilan vokasional untuk kesiapan kerja siswa.


Metode: Menggunakan metode kualitatif karena, permasalahan belum jelas, holistic, kompleks, dinamis dan penuh makna Disini peneliti ingin menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti ingin mencari studi kasus mengumpulkan data-data menganalisis data secara kondisi yang ada dilapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.


Hasil: Komponen pembelajaran keterampilan vokasional membuat pizza, persiapan pembelajaran keterampilan vokasional membuat pizza bagi anak tunagrahita, pelaksanaan dan harapan agar anak dapat mengembangkan keterampilan vokasional membuat pizza. Hasilnya terkait keterampilan membuat pizza dari persiapan, pelaksanaan dan harapan. Anak tunagrahita yang peneliti praktekkan dapat menyelesaikan keterampilan tersebut, dari persiapan anak dapat memperhatikan guru mengenalkan bahan-bahan, pelaksanaanya awalnya anak masih keliru untuk toping-toping yang harus disesuaikan dengan pesanan setelah langkah selanjutnya anak dapat menyesuaikan toping-toping yang akan digunakan, harapannya agar anak dapat mengembangkan keterampilan vokasional untuk bekal di dunia kerja.


Kesimpulan: Terkait keterampilan vokasional adalah dari struktur awal memberikan pelatihan kepada anak tunagrahita untuk menyiapkan pembelajaran keterampilan vokasional membuat pizza.


Keywords: keterampilan vokasional;, analisis kebutuhan magang;, anak tunagrahita