Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Melaui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Cooperative Learning

Main Article Content

Mia Martiasari
a:1:{s:5:"en_US";s:40:"Universitas Indraprasta PGRI, Indonersia";}

Latar Belakang: Model pembelajaran inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang dapat melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk menyelidiki dan mencari secara kritis, sistematis, analitis dan logis, sehingga dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan percaya diri. Saat merumuskan penemuannya diperlukan pemahaman konsep belajar yang             dapat dimunculkan melalui metode pembelajaran Cooperative Learning.


Tujuan: Studi ini bertujuan untuk dapat mengoptimalisasi pemahaman konsep dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode Cooperative Learning


Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang menganalisis kajian yang          berhubungan dengan topik pembahasan yaitu model pembelajaran inkuiri, metode pembelajaran Cooperative Learning, dan konsep belajar IPA.


Hasil: Hasil penelaahan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode Cooperative Learning dapat sangat membantu mengoptimalkan dalam pemahaman konsep belajar IPA Siswa SMP.


Kesimpulan: Dengan adanya konsep pemahaman pembelajaran IPA siswa dapat menguasai konsep materi dasar atau prasyarat yang dapat memudahkan siswa dalam memahami dan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPA. Pada proses optimalisasi pemahaman konsep belajar IPA diperlukan model dan metode pembelajaran yang tepat. Model dan metode pembelajaran menjadi satu diantara faktor penentu dalam keberhasilan pemahaman konsep belajar siswa.


Keywords: model pembelajaran inkuiri;, cooperative learning;, pemahaman konsep;, IPA.