Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pohon Pintar PPKN Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Abd. Manan SMK Negeri 1 Unaaha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.34

Keywords:

Keefektifan; Media Pembelajaran; Pohon Pintar PPKn

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 1 Konawe, 2) untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 1 Konawe, 3) untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 1 Konawe. Desain penelitian eksperimen untuk menjawab rumusan masalah nomor 2. Sampelnya 36 siswa kelas X AP 1 sebagai kelas kontrol, 36 siswa kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen, 36 siswa kelas XII AK 2 sebagai kelas uji coba. Alat pengumpul data menggunakan teknik tes kognitif. Validitas yang digunakan adalah validitas isi.  Terdapat dua variabel yaitu  variabel  bebas  adalah  media Pohon Pintar PPKn sedangkan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan  uji  t-tes  dua  sampel.  Hasil yang diperoleh dalam  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  media Pohon Pintar PPKn efektif digunakan, hal tersebut didasarkan pada tercapainya indikator-indikator pembelajaran yang efektif. Indikator-indikator tersebut adalah: a) pengorganisasian pembelajaran dengan baik, b) komunikasi secara efektif, c) penguasaan  dan  antusiasme  dalam  mata  pelajaran,  d)  sikap  positif  terhadap peserta didik, e) pemberian ujian dan nilai yang adil, f) keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan g) hasil belajar peserta didik yang baik.  Media Pohon Pintar PPKn mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari hasil uji t-test yaitu t hitung tidak berada pada interval -1,9966 < -13,510 < 1,9966 sehingga menolak Ho dan menerima Ha yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan. Rata-rata Postes 86,57 jauh lebih tinggi dari rata-rata Prates 66,48 maka dapat disimpulkan media Pohon Pintar PPKn mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain meningkatkan prestasi belajar juga meningkatkan kreatifitas, keaktifan, dan kerja sama antar siswa

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Abd. Manan. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pohon Pintar PPKN Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 359–369. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.34