Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Interaktif Terhadap Pengaruh Globalisasi Mata Pelajaran PKN
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.35Keywords:
Hasil Belajar; Pembelajaran Interaktif; GlobalisasiAbstract
Pembelajaran di SD Negeri 9 Moramo Utara khususnya kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tentang Pengaruh Globalisasi, penguasaan materi masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Model Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membagi ide-ide, mempertimbangkan jawaban yang paling tepat dan menjawab pertanyaan secara lisan sehingga menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan ide atau jawaban di depan kelas. Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan Model Pembelajaran Interaktif, Meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn dan Membangun motivasi siswa agar aktif dalam proses pembelajaran tentang Pengaruh Globalisasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan pada materi pokok Pengaruh Globalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar rata-rata siswa meningkat dari 17% pada Prasiklus menjadi 46% pada siklus 1 dan 96%. Nilai Prestasi Belajar rata-rata siswa juga meningkat dari 58,75 prasiklus menjadi 69,04 siklus 1 dan 81,67 pada siklus 2. Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif dapat memotivasi belajar siswa dengan baik serta meningkatkan keaktifan, kreatifitas dan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn tentang pengaruh globalisasi