Pengaruh Brand Image, Religiusitas, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Orang Tua Menyekolahkan Putranya Di Smp Bukit Asam, Lawang Kidul Muara Enim Sumatera Selatan

Authors

  • Yayuk Sri Wahyuni Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang, Indonesia
  • Justita Dura Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang, Indonesia
  • Mohammad Bukhori Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.3745

Keywords:

Brand Image, Religiusitas, Fasilitas Sekolah

Abstract

Pendidikan merupakan bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak,  agar mereka memiliki kecakapan dan kemandirian dalam hidupnya, mampu mencapai cita-citanya, mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan, dan mampu menghadapi tantangan.  Masyarakat semakin menyadari akan pentingnya membekali anak dengan pendidikan yang tepat.  Kesadaran akan pentingnya pendidikan ini telah mendorong orang tua untuk lebih selektif dalam memilih sekolah bagi anaknya.  Fenomena yang terjadi saat ini adalah masyarakat rela membayar mahal dan menempuh jarak yang jauh,  demi untuk mendapatkan sekolah yang sesuai dengan standar atau kriteria yang mereka inginkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  brand image, religiusitas, dan fasilitas sekolah terhadap keputusan orang tua dalam memilih SMP Bukit Asam untuk Putranya di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Pemilihan SMP Bukit Asam sebagai obyek penelitian didasarkan pada beberapa pertimbangan, seperti adanya karakteristik tertentu yang dimiliki SMP Bukit Asam, sebagai pembeda dari sekolah lain di sekitarnya, serta melihat adanya tren pendaftar yang semakin meningkat dari ta-hun ke tahun.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif,  yang fokus pada pengumpulan dan analisis data numerik. Pengumpulan data menggunakan angket,  yang disebarkan kepada 193 orang tua siswa sebagai responden.  Analisa data menggunakan teknik  regresi linier berganda.Teknik analisa ini bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel independen (X) dan Variabel terikat (Y). Hasil analisis menunjukkan brand image, religiusitas, dan fasilitas sekolah secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah”.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Wahyuni, Y. S., Dura, J., & Bukhori, M. . (2024). Pengaruh Brand Image, Religiusitas, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Orang Tua Menyekolahkan Putranya Di Smp Bukit Asam, Lawang Kidul Muara Enim Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 732–749. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.3745