Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Authors

  • Anton Prayitno a:1:{s:5:"en_US";s:32:"SMK Negeri 3 Magelang, Indonesia";}

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.392

Keywords:

Course Review Horay;, motivasi;, hasil belajar.

Abstract

Latar Belakang: Dalam proses belajar mengajar di kelas XII APH-1 SMK Negeri 3 Magelang menggunakan metode ceramah. Fakta mengatakan pada semester Genap tahun pelajaran 2018/2019 pada hasil belajar motivasi dan hasil belajar rendah menunjukkan rendahnya penguasaan siswa terhadap materi menghitung harga pokok produksi.

Tujuan: Untuk meningkatkan hasil belajar menghitung harga pokok produksi siswa siswa kelas X APH-1 SMK Negeri 3 Magelang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, untuk meningkatkan motivasi siswa kelas X APH-1 SMK Negeri 3 Magelang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap hasil belajar menghitung harga pokok produksi siswa kelas XII APH-1 SMK Negeri 3 Magelang.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif.

Hasil: Hasil Classroom Action Research berupa tes dan non tes. Hasil tes berupa nilai Produk Kreatif dan Kewirausahaan tentang menghitung harga pokok produksi. Hasil observasi sebagai hasil non tes untuk mengetahui motivasi siswa dalam proses KBM mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Kesimpulan: Model pembelajaran Course Review Horay bisa meningkatkan hasil belajar siswa, model pembelajaran Course Review Horay juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar, motivasi intrinsik dan ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII APH-1 baik secara parsial maupun simultan.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Prayitno, A. (2021). Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2069–2081. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.392