Penerapan Strategi Holywood Square untuk Meningkatkan Hasil Belajara Tematik Siswa

Authors

  • Siti Fatimah STKIP Rokania, Riau
  • Ummu Khois Program Pendidikan Sekolah Dasar, STKIP Rokania
  • Rejeki Rejeki Program Pendidikan Sekolah Dasar, STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.468

Keywords:

holywood square, hasil belajar, tematik

Abstract

Latar Belakang: Ketidak tercapainya tujuan pembelajaran tersebut tergambarnya dari nilai ulangan harian siswa pada pembelajaran tematik dari 48 siswa hanya 18 siswa yang mencapai KKM, sedangkan 30 siswa lagi melakukan kegiatan remedial, KKM yang ditetapkan 75. Subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV semester Ganjil 2021/2022 sebanyak 48 siswa yaitu terdiri dari 26 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki.

Tujuan: Untuk mengatahui bahwa penerapan strategi Hollywood Squares untuk meningkatkan hasil belajar siswa tematik kelas IV SD Negeri 016 Tambusai Utara.

Metode: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 016 Tambusai Utara sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 016 Tambusai Utara sebanyak 48 siswa.

Hasil: Dilihat dari siklus I pertemuan pertama menjadi sebanyak 22 siswa 46% yang mencapai KKM. Pada siklus I pertemuan kedua juga mengalami peneingkatan lagi, sebanyak 25 siswa 58%. Pada tindakan siklus II pertemuan pertama diketahui hasil belajar siswa meningkat kembali dari 48 siswa 30 (63%) siswa telah mencapai KKM. Pada pertemuan kedua didapatkan hasil belajar siswa sangat memuaskan yaitu dari 48 siswa (93%).

Kesimpulan: Bahwa penerapan strategi Hollywood Squares untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 016 Tambusai Utara berhasil.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Fatimah, S., Khois, U., & Rejeki, R. (2022). Penerapan Strategi Holywood Square untuk Meningkatkan Hasil Belajara Tematik Siswa . Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 43–50. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.468