Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Negeri 6 Malang

Authors

  • Tutus Sri Hermansyah Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Titik Masfufah Matematika, SMP Negeri 6 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4711

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Siklus Pembelajaran

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, melibatkan 30 siswa kelas XI di SMP Negeri 6 Malang, dan dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran pada bulan Juli 2024. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi rencana pembelajaran dengan model PBL, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal tes tertulis, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan baik dalam keterlaksanaan pembelajaran PBL maupun kemampuan berpikir logis matematis siswa. Pada siklus 1, keterlaksanaan pembelajaran mencapai  dan meningkat menjadi  pada siklus 2. Kemampuan berpikir logis matematis siswa juga meningkat dari  pada siklus 1 menjadi  pada siklus 2. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa.

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

Hermansyah, T. S., Zukhrufurrohmah, Z., & Masfufah, T. . (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Negeri 6 Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 798–813. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4711