Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Negeri 6 Malang
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4711Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Siklus PembelajaranAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, melibatkan 30 siswa kelas XI di SMP Negeri 6 Malang, dan dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran pada bulan Juli 2024. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi rencana pembelajaran dengan model PBL, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal tes tertulis, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan baik dalam keterlaksanaan pembelajaran PBL maupun kemampuan berpikir logis matematis siswa. Pada siklus 1, keterlaksanaan pembelajaran mencapai dan meningkat menjadi pada siklus 2. Kemampuan berpikir logis matematis siswa juga meningkat dari pada siklus 1 menjadi pada siklus 2. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tutus Sri Hermansyah, Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah, Titik Masfufah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.